SEJARAH HARI IBU DI INDONESIA DAN INTERNASIONAL

SEJARAH HARI IBU DI INDONESIA DAN INTERNASIONAL - Hallo sahabat BIO & SEJARAH UPDATE, Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas sebuah artikel mengenai SEJARAH HARI IBU DI INDONESIA DAN INTERNASIONAL, kami telah mempersiapkan semuanya dengan baik untuk kamu baca dan semoga bisa mengambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan setelah membaca isi postingan tentang sejarah yang kami tulis ini dapat anda pahami dengan baik. Selamat membaca ya.



Judul : SEJARAH HARI IBU DI INDONESIA DAN INTERNASIONAL
link : SEJARAH HARI IBU DI INDONESIA DAN INTERNASIONAL

Baca juga


SEJARAH HARI IBU DI INDONESIA DAN INTERNASIONAL


Di Indonesia, setiap tanggal 22 Desember dirayakan Hari Ibu dengan tema utama untuk menghormati peran Ibu terhadap keluarga dan rumahtangganya, baik kepada suaminya, anak-anaknya, maupun lingkungan sosialnya. Indonesia adalah salah satu dari 77 negara yang juga turut merayakan hari Ibu atau Mother’s Day. Masing-masing negara memiliki tema yang berbeda-beda sesuai dengan latar belakang sejarah. Beberapa negara merayakannya pada hari Minggu, yaitu minggu kedua di bulan Mei. Beberapa negara lainnya merayakan hari Ibu pada setiap bulan Maret. Dari semua negara yang menjadikan hari Ibu sebagai salah satu dari hari nasionalnya, keseluruhannya memiliki latar belakang yang sama, yaitu tidak terlepas dari sejarah perjuangan kaum perempuan. Tulisan ini akan mengulas mengenai latar belakang terbentuknya gagasan untuk memasukkan Hari Ibu sebagai salah satu hari nasional.

Hari Ibu di Indonesia


Pada masa pergerakan nasional, kaum wanita di Indonesia sudah memberikan kontribusi di bidang politik dengan munculnya organisasi-organisasi perempuan. Diawali dengan pertemuan para pejuang wanita untuk mengadakan Kongres Perempuan Indoensia I pada tanggal 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta. Gedung Mandalabhakti Wanitatama (di Jalan Solo) adalah saksi bisu lahirnya ide Hari Ibu di Indonesia. Kongres tersebut dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Hasil kongres mendeklarasikan pembentukan Kongres Perempuan yang sekarang ini dikenal Kongres Wanita Indonesia (Kowani).


Demikianlah Artikel SEJARAH HARI IBU DI INDONESIA DAN INTERNASIONAL

Sekianlah artikel dari kami kali ini tentang SEJARAH HARI IBU DI INDONESIA DAN INTERNASIONAL kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel berikutnya ya!


Anda sekarang membaca artikel SEJARAH HARI IBU DI INDONESIA DAN INTERNASIONAL dengan alamat link https://inibio.blogspot.com/2019/12/sejarah-hari-ibu-di-indonesia-dan.html

Tidak ada komentar untuk "SEJARAH HARI IBU DI INDONESIA DAN INTERNASIONAL"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel