UPAYA PELURUSAN SEJARAH DIBALIK MISTERI PERISTIWA G.30 S PKI

UPAYA PELURUSAN SEJARAH DIBALIK MISTERI PERISTIWA G.30 S PKI - Hallo sahabat BIO & SEJARAH UPDATE, Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas sebuah artikel mengenai UPAYA PELURUSAN SEJARAH DIBALIK MISTERI PERISTIWA G.30 S PKI, kami telah mempersiapkan semuanya dengan baik untuk kamu baca dan semoga bisa mengambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan setelah membaca isi postingan tentang sejarah yang kami tulis ini dapat anda pahami dengan baik. Selamat membaca ya.



Judul : UPAYA PELURUSAN SEJARAH DIBALIK MISTERI PERISTIWA G.30 S PKI
link : UPAYA PELURUSAN SEJARAH DIBALIK MISTERI PERISTIWA G.30 S PKI

Baca juga


UPAYA PELURUSAN SEJARAH DIBALIK MISTERI PERISTIWA G.30 S PKI

                                   



soeharto.jpgJanuari 1965 mendung menyelimuti Jakarta. Rakyat letih dan cemas. Isu kudeta merebak di tengah inflasi yang meroket. Bahan-bahan kebutuhan pokok lenyap di pasaran. Setiap hari rakyat harus sabar berdiri dalam antrian panjang untuk menukarkan kupon pemerintah panjang dengan minyak tanah, minyak goreng, gula, beras, tekstil, dan kebutuhan lainnya. Rupiah nyaris tidak ada nilainya.

Begitulah setidaknya gambaran ibukota di awal-awal tahun 1965 tersebut. Keadaan ekonomi negara dan rakyat semakin buruk tiap tahunnya, setidaknya sampai tahun 1968. Tahun yang membuat seluruh bangsa terperangah, sampai pada perubahan sistem politik dan rezim yang berkuasa. Mendung yang menandakan bahwa tahun itu adalah tahun yang “terkutuk”, terkutuk karena tahun itulah terjadinya apa yang kita kenal dengan Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) yang mengakibatkan gugurnya enam perwira tinggi dan satu perwira pertama angkatan darat.

Peristiwa pemberontakan G30S/PKI memang akan selalu menjadi ingatan bangsa Indonesia dalam perjalanan sejarahnya. Peristiwa mengerikan itu juga merenggut sekitar 500.000 – 1.000.000 jiwa manusia yang dibunuh secara keji untuk membayar peristiwa tersebut. Peristiwa tersebut akhirnya juga melengserkan Bung Karno dari tampuk kekuasaanya.


Demikianlah Artikel UPAYA PELURUSAN SEJARAH DIBALIK MISTERI PERISTIWA G.30 S PKI

Sekianlah artikel dari kami kali ini tentang UPAYA PELURUSAN SEJARAH DIBALIK MISTERI PERISTIWA G.30 S PKI kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kita semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel berikutnya ya!


Anda sekarang membaca artikel UPAYA PELURUSAN SEJARAH DIBALIK MISTERI PERISTIWA G.30 S PKI dengan alamat link https://inibio.blogspot.com/2020/09/upaya-pelurusan-sejarah-dibalik-misteri.html

Tidak ada komentar untuk " UPAYA PELURUSAN SEJARAH DIBALIK MISTERI PERISTIWA G.30 S PKI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel